Wisata Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar Di Indonesia, Pemberangkatan Tour Sma Ke Candi Prambanan Yogyakarta, Bersama PT. EMKA Tour Group Perusahaan Tour Di Jogja

Wisata Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar Di Indonesia, Pemberangkatan Tour Sma Ke Candi Prambanan Yogyakarta, Bersama PT. EMKA Tour Group Perusahaan Tour Di Jogja

Perusahaan Tour Jogja PT. EMKA TOUR JOGJA yang berpengalaman lebih dari puluhan tahun, Menjadikan PT. EMKA TOUR JOGJA Berpengalaman di bidang tour di jogja, melayani Group Tour, Gathering, Outbond, Study Tour, Outing, Tour Rombongan Tour keluarga besar, Tour arisan, Tour makrap mahasiswa, tour sekolahan dll. Wisata di jogja, wisata sejarah, wisata alam, wisata edukasi, wisata belanja Wujudkan liburan anda menyenangkan dan mengesankan bersama PT. EMKA TOUR JOGJA, PERUSAHAAN TOUR DI JOGJA BERPENGALAMAN

Wisata Candi Prambanan

Indonesia memiliki banyak candi yang dijadikan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Selain Candi Borobudur, ada juga wisata Candi Prambanan yang dijadikan warisan budaya dunia sejak tahun 1991. Seindah apa situs bersejarah itu? Kita akan bahas di sini. Selain megah dan indah, bangunan penting umat Hindu ini juga memiliki berbagai hal yang pasti seru untuk dieksplorasi. Mulai dari legenda Roro Jonggrang, kompleks bangunan yang luar biasa megah sampai Sendratari Ramayana.

Bagian dalam bangunan pun tak kalah menarik. Ada banyak sekali relief relief yang sambung menyambung dan membentuk suatu cerita tentang kehidupan masa lalu objek wisata ini, termasuk asal usulnya. Penasaran dengan asal usul Candi Prambanan? Atau ingin tahu siapa itu Roro Jonggrang? Kalau gitu, mampir dulu deh di sini dan cari tahu tentang menariknya mengenali wisata Candi Prambanan dari dekat.

Candi Candi Utama
Bagian yang menonjol dari wisata Candi Prambanan disebut dengan candi utama. Dan biasanya candi utama inilah yang sering dijadikan spot foto para wisatawan.
Kenapa utama? karena candi tersebut diperuntukan untuk dewa dewa tertinggi. Siapa saja itu?

Candi Dewa Siwa
Bagian ini merupakan bagian terbesar dan tertinggi dari seluruh bangunan yang ada di wisata Candi Prambanan. Situs yang memiliki panjang dan lebar masing masing 34 m2 dan tinggi 43 m2 ini disebut dengan Candi Siwa karena terdapat patung Siwa. Dalam kepercayaan Hindu, Siwa adalah dewa pelebur ciptaan Dewa Brahmana yang sudah usang. Pemeluk agama Hindu menganggapnya sebagai Dewa tertinggi.
Situs ini memiliki 4 buah pintu masuk dan 5 bilik ruang. Di semua pintu dihiasi dengan arca singa dan arca lokapala sebagai penjaga. Lokapala adalah dewa dewa penjaga arah mata angin yaitu Dewa Indra, Agni, Yama, Baruna dan Bayu.
Ada 4 arca yang terdapat di dalam situs yang memiliki 5 bilik ini. Yang pertama adalah ruang kosong yang akan mengantar kita ke ruang utama tempat arca Dewa Siwa bersemayam yang berada di tengah (bilik tengah).
Di bilik sebelah barat, terdapat arca Dewa Ganesha, anak Dewa Siwa yang berkepala gajah. Lalu bergeser ke bilik selatan, kamu akan menemui arca Resi Agastya yang bergelar Bathara Guru. Ia adalah sosok resi penganut Siwa yang taat. Di sebelah utara, kamu akan menjumpai arca Durga Mahisasuramardhani yang konon dipercaya sebagai jelmaan Roro Jonggrang. Karena itulah Candi Siwa ini juga disebut dengan Candi Roro Jonggrang. Ketika kamu menjelajahi semua bilik, kamu akan dihibur dengan relief cerita Ramayana yang melawan Rahwana, si Raja Alengka yang terbagi dalam 24 panel.

Candi Dewa Wisnu
Dewa ini dipercaya pemeluk agama Hindu sebagai dewa pemelihara. Bangunan ini terletak di sebalah kiri Candi Siwa. Terdapat 2 tingkat yang mana semakin ke atas akan berukuran semakin kecil. Dalam situs yang yang berukuran 20 m x 20 m dan tinggi 37 m2 terdapat arca Dewa Wisnu dan jelmaannya, yaitu Krishna.

Dewa Brahma
Dewa Brahma dianggap sebagai dewa pencipta oleh pemeluk agama Hindu dan di wisata Candi Prambanan, ia juga dibuatkan tempat penyembahan. Candi yang berada di sisi kanan Candi Siwa ini berukuran panjang 20 m, lebar 20 m dan tinggi 37 m. Di bagian luar candi dihiasi dengan cerita (lanjutan) Ramayana. Dan di bagian dalam para pengunjung akan menemui arca Dewa Brahma setinggi 2 meter.

Candi Pendukung
Untuk menghormati ketiga dewa di atas, maka dibuatkanlah juga candi candi pendukung lainnya, seperti di bawah ini:

  1. Candi Wahana
  2. Candi Apit
  3. Candi Pendamping (Perwara)

Sendratari Ramayana
Kalau kamu bingung sama cerita di relief, kamu bisa melihat versi live-nya melalui Sendratari Ramayana. Ini adalah pertunjukan gabungan antara drama dan tari tanpa ada dialog. Keindahan seninya akan semakin terasa dengan ditambah kemegahan Candi Prambanan yang dihiasi lampu sorot sebagai latar belakangnya. Pagelaran Ramayana ini digelar malam hari setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mulai pukul 19.30 – 21.30 WIB. Kamu bisa memilih untuk menonton di panggung terbuka atau tertutup.

Sumber : https://www.pikniek.com/indonesia/wisata-candi-prambanan/

PT. EMKA TOUR JOGJA adalah perusahaan tour berpengalaman puluhan tahun di jogja. hadir dengan berbagai macam kategori pilihan paket wisata untuk memenuhi kebutuhan wisata anda, melayani Group Tour, Gathering, Outbond, Study Tour, Outing, Tour Rombongan Tour keluarga besar, Tour arisan, Tour makrap mahasiswa, tour sekolahan dll. Wisata di jogja, wisata sejarah, wisata alam, wisata edukasi, wisata belanja Wujudkan liburan anda menyenangkan dan mengesankan bersama PT. EMKA TOUR JOGJA, PERUSAHAAN TOUR DI JOGJA BERPENGALAMAN

Info lebih lanjut langsung saja hub : +6281262242223 / +6281262242221
no Whatsapp +6281229944671

atau bisa langsung kunjungi kantor office kami di jl. Ki Mangunsarkoro no 40 B, Gunung Ketur, Pakualaman, Yogyakarta

Lost your password?

User registration is disabled for now. Contact site administrator.

English EN Indonesian ID
Paket Tour Jogja