JEMBATAN PANTAI TIMANG – Tempat Wisata di Gunungkidul

JEMBATAN PANTAI TIMANG – Tempat Wisata di Gunungkidul

Salah satu hal yang mendorong wisatawan untuk mengunjungi Yogyakarta adalah karena pantainya. Tak hanya jumlahnya yang mencapai ratusan dan bentangnya yang sangat Panjang dari ujung timur hingga barat. Pantai di Yogyakarta juga memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Salah satu pantai yang memiliki keunikan tersendiri dan bahkan tidak dimiliki pantai lain di Yogyakarta atau bahkan di Indonesia adalah Pantai Timang. Pantai Timang berbeda dengan pantai pada umumnya, yaitu terdapatnya pulau kecil dan tebing yang cukup curam yang bernama Pulau Timang. Untuk dapat menuju pulau di Pantai Timang, salah satu caranya adalah dengan menyeberanginya dengan jembatan.

Jembatan  Pantai Timang terbentuk atas inisiatif warga setempat untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin menuju Pulau Timang. Jembatan ini dibangun setelah sebelumnya terdapat gondola atau kereta. Sehingga, jembatan  ini dapat menjadi alternatif lain bagi wisatawan untuk menuju Pulau Timang. Jembatan  Pantai Timang dibuka untuk wisatawan umum sejak bulan Maret 2017. Jembatan  Pantai Timang ini dibangun oleh warga setempat yang juga pengelola Pantai Timang. Biaya yang dihabiskan warga untuk dapat membangun jembatan ini mencapai 50 juta rupiah.

Pulau Timang memiliki keunikan tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Pulau kecil tak berpenghuni ini memiliki pemandangan yang cukup indah karena menghadap laut lepas. Di pulau ini juga terdapat spot untuk memancing lobster yang biasa dilakukan oleh warga setempat. Keunikan inilah yang membuat wisatawan banyak yang penasaran hingga menguji adrenalinya untuk menyeberangi Pulau Timang.

Pengalaman menyeberangi jembatan  Pantai Timang akan sangat berbeda dengan menyeberangi jembatan pada umumnya. Setelah membeli tiket masuk jembatan , wisatawan akan menuju lokasi jembatan yang berada di ujung tebing. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 120 meter dengan ketinggian 12 meter di atas permukaan laut. Tak cukup disitu, saat menyeberangi jembatan  Pantai Timang, wisatawan akan merasakan sensasi yang luar biasa yaitu saat terkena hempasan angin. Tentu saja jembatan  ini akan bergoyang. Selain itu, di tengah perjalanan saat menyeberangi jembatan  Pantai Timang, wisatawan akan merasakan cipratan air laut yang tentu saja akan membasahi seluruh badan. Dalam menyeberangi jembatan  Pantai Timang, wisatawan juga dituntut untuk tidak takut, karena apabila sudah berada di tengah jembatan tidak akan ada cara lain untuk sampai ke Pulau Timang atau sebaliknya tanpa berjalan terus.

Jembatan  Pantai Timang saat ini menjadi salah satu atraksi wisata adrenalin yang cukup diminati oleh wisatawan. Hal ini juga didukung oleh kedatangan artis Korea dalam serial acara Running Man yang menjadikan Pantai Timang sebagai salah satu lokasi pengambilan gambarnya. Sejak kedatangan artis Running Man pada Oktober 2017 lalu, kunjungan wisatawan ke Pantai Timang bertambah secara signifikan.

Lost your password?

User registration is disabled for now. Contact site administrator.

English EN Indonesian ID
Paket Tour Jogja